Tuesday 9 July 2013

Proposal Usaha



BAB I
PENDAHULUAN
         Dasar Gagasan Usaha
Cemilan atau makanan-makanan ringan bisa dikatakan saat ini sangat sering dicari oleh orang-orang untuk dibeli dan dikonsumsi, hal ini dikarenakan cemilan ini sangat mudah didapatkan dan juga sangat praktis sehingga konsumen sering memburu cemilan-cemilan untuk dibeli. Saat ini begitu banyak cemilan-cemilan yang disajikan di pinggir-pinggir jalan, dan juga makanan ringan ini biasanya bermacam-macam jenis yang diperjualbelikan dipinggir-pinggir jalan, salah satu jenis makanan tersebut ialah donat, mungkin sudah banyak cemilan-cemilan donat sudah sering dijajakan, dari yang biasa hingga yang sudah sangat terkenal, namun terkadang donat yang diperjualbelikan dipasar sekarang ini hanya donat yang berbahan baku menggunakan tepung terigu.
Dengan pertimbangan masalah diatas maka kami ingin mencoba untuk membuka usaha dibidang donat, namun dengan bahan yang sedikit berbeda, selain tepung terigu dan bahan pokok-pokok lain kami juga menambahkan bahan berupa sayuran, seperti kentang, wortel, tomat, bayam, ubi ungu, brokoli. Dengan sayuran donat kami mempunyai cita rasa yang sedikit berbeda, dan juga donat kami tidak menggunakan bahan pengawet untuk tetap memikirkan kesehatan para konsumen kami. Dengan ini kami merasa ada peluang pasar yang dapat kami buat, karena mempertimbangkan konsumen yang membutuhkan dan menginginkan suatu cemilan donat yang sedikit berbeda dengan yang sudah ada dan juga kami donat kami jauh dari bahan pengawet sehingga sangat baik bagi semua kalangan.
Dari data yang kami dapat, di sekitar daerah Jl. Raya Bogor terdapat banyak warga yang menggunakan jalan raya yang sangat potensial bagi usaha kami, oleh karena itu merupakan suatu kesempatan bagi kami untuk membuat suatu usaha dan mengembangkan usaha yang baru kami rintis ini, supaya dapat mengubah persepsi donat yang penuh bahan pengawet dan tidak sehat menjadi donat sehat dan kaya rasa tanpa harus menggunakan bahan pengawet.
         Prospek Pasar
Dengan begitu banyaknya usaha makanan ringan yang berbentuk donat karena kita tahu donat dapat menyentuh setiap golongan dari anak-anak hingga dewasa menyukai donat. Selain itu juga didaerah tempat kami buka usaha juga terdapat begitu banyak usaha-usaha yang lain, sehingga sangat potensial mengundang calon pelanggan lain untuk mencoba donat kami. Melihat kondisi diatas , kami pun tertarik untuk membuat suatu usaha kuliner yang berbentuk cemilan donat sayuran dengan berbagai jenis sayuran dan toping atau tambahan berbagai macam rasa, serta didukung dengan tempat yang sangat strategis dan banyak calon-calon pelanggan yang beraktifitas disekitar tempat usaha kami. Dengan demikian, kami yakin prospek pasar usaha kami sangatlah baik.

BAB II
SALES DAN MARKETING
2.1 Gambaran Umum Pasar Sasaran
            Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan ringan.Makanan ringan yang kami tawarkan yaitu berbentuk donat yang berbahan dasar sayuran yang berbeda dengan donat yang sudah ada dipasaran. Berbagai macam toping dan isi didalam donat sayuran kami menjadi menu utama. Donat sayuran sangat berbeda dengan donat-donat yang sudah ada dipasaran karena selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan juga berasal dari sayuran jadi donat ini sangatlah sehat namun tetap menjaga cita rasa yang berkualitas. Sedangkan untuk pengenalan produk dapat dilakukan secara langsung kepada masyarakat Jakarta yang bertempat sangat strategis dan banyak aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut. Hal itu akan memudahkan para penggemar donat untuk menikmati produk yang kami tawarkan. Dengan mengutamakan kualitas produk dan tempat strategis “Donat Kentang” akan dapat bersaing dengan usaha lain yang serupa.
2.2 Jenis produk yang dipasarkan
      Produk yang kami jual saat ini adalah berupa makanan ringan. Tanpa mengenyampingkan kualitas dan lebih memperhatikan kesehatan dari makanan tersebut, berikut menu-menu yang kami tawarkan :
Menu Special Donat Sayuran dengan toping :

  • Donat Sayuran dengan Toping Keju
  • Donat Kentang dengan Toping Coklat
  • Donat Kentang dengan Toping Strawberry
  • Donat Kentang dengan Toping Kacang
 Menu Special Donat Sayuran dengan Isi didalamnya:
  • Donat Sayuran dengan Isi Keju
  • Donat Sayuran dengan Isi Coklat
  • Donat Sayuran dengan Isi Selai Strawberry
  • Donat Sayuran dengan Isi Susu
Aneka Minuman :
  • Aneka Jus
  • Minuman Ringan
2.3 Wilayah Pemasaran
     Dengan dasar produk yang baru, pemasaran akan dimulai dari wilayah pemasaran terkecil yaitu didaerah-daerah jakarta timur dan sekitarnya yang kemudian akan dikembangkan lebih lanjut seperti memasuki pasar – pasar diluar daerah jakarta timur. Potensi daerah luar sangatlah besar, karena produk donat kentang ini sangatlah jarang. Wilayah yang lebih spesifik untuk pemsaran daerah jakarta timur dan sekitarnya:
  • Ciracas
  • Kp. Rambutan
  • Cililitan
  • Depok
  • Pondok Gede
2.4 Rencana dan Strategi Pemasaran
strategi pemasaran yang kami rencanakan sebagai berikut :
1)      Product
Dalam bisnis ini kami menawarkan produk dan jasa.Produk utama yang kami tawarkan adalah “Donat Sayuran” dengan berbagai jenis dan rasa beserta minuman-minuman ringan yang kami sajikan. Lalu, pelayanan atau jasa yang akan kami tawarkan adalah pelayanan yang cepat dan tepat merupakan hal utama.
2)      Price
Strategi harga yang akan direncanakan adalah penyamaan harga dengan harga pasar, karena produk yang kita produksi sudah lumayan banyak dipasar, hal ini ditentukan agar produk kita dapat bersaing dengan produk yang sudah berada dipasar.
3)   Promotion
Promosi yang akan dilakukan dengan berbagai yaitu :
   Sampel gratis
Kami akan memberikan beberapa sampel gratis dari donat sayuran yang kami produksi agar konsumen dapat mencoba dan tertarik kepada produk donat sayuran. Sampel gratis ini kami lakukan pada hari senin dibulan pertama kita, jadi satu minggu ada 1 hari kita berikan sampel gratis.
   Voucher gratis
Kami akan memberikan voucher gratis kepada setiap pelanggan kami apabila pelanggan tersebut membeli sebanyak 10 buah, dan 1 voucher ini bisa dapat 1 gelas jus gratis.
   Brosur
Kami akan menyebarkan beberapa brosur tentang produk kami, sehingga konsumen dapat memperoleh informasi tentang produk donat sayuran yang akan kita tawarkan.
4)      Place dan Distribution
Distribusi dari produk kami ialah penjualan secara langsung kepada konsumen dengan menyediakan gerai dan menerima pesanan untuk dibawa pulang dengan kemasan yang menarik.
      Lokasi yang kami pilih didaerah Jl. Raya Bogor dengan beberapa alasan :
        Berada dekat dengan banyak usaha seperti pedagang buah sehingga para calon pelanggan juga selalu lalulalang didepan gerai kami.
         Adanya aktifitas mahasiswa yang memungkinkan mahasiswa tersebut menjadi pelanggan produk kita.
         Lokasi yang dekat dengan  terminal bus sehingga banyak sekali aktifitas yang dilakukan para calon pelanggan.
1)      Physical evidence
Karena pelanggan buat perusahaan adalah raja, kami akan melayani para pelanggan dengan sangat ramah sehingga pelanggan merasa nyaman pada saat berkunjung di gerai kami.
2)      Process
         Proses pembuatan produk kami tidak menggunakan mesin, itu dimaksudkan untuk menjaga ke higienisan dari produk kami, dan pada proses pembuatan kebersihan sangat dijaga.
         Penyajian dari produk kami dibuat semenarik mungkin dan juga bisa berubah-ubah sesuai dengan ide atau trend yang ada pada saat itu. Untuk kemasan pada produk yang dibawa pulang juga dibuat secara lucu agar para konsumen tidak merasa bosan dengan produk kami.
3)      People 
Kami selalu memotivasi siapa saja yang bersangkutan dengan usaha kami.Semua itu dilakukan agar mereka lebih giat dalam bekerja dan melakukan yang terbaik bagi dirinya maupun perusahaan.Motivasi yang diberikan berupa moril dan material sehingga mereka dapat melakukan pekerjaannya dengan maksimal.

BAB III
PRODUKSI
Sebagai salah satu makanan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, dengan khas empuk dan lembutnya donat menjelma menjadi kue dengan bahan, hiasan (topping) dan rasa yang sangat bervariasi dan kreatif.Berikut kami salin resep donat kentang praktis yang enak dan lembut.
Bahan :
    500 gram tepung terigu protein tinggi
    250 gram kentang/wortel/tomat/bayam/ubi ungu/brokoli, kukus, haluskan dan  dinginkan
    50 gram susu bubuk fullcream
    1 bungkus/ 11 gram ragi instant
    100 gram gula halus
    75 gram mentega
    ½ sdt garam
    4 butir kuning telur
    100 ml air dingin
CARA MEMBUAT DONAT KENTANG :
Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant, menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan kentang/wortel/tomat/bayam/ubi ungu/brokoli halus, aduk sampai rata.
Masukkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis.Diamkan selama 15 menit.
Bentuk adonan menjadi bulat atau sesuai selera.Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
Jika ingin berlubang, buat lubang kecil di tengah lalu goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang, masukkan sumpit di tengah lubang kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.
Angkat dan tiriskan lalu hiasi dengan topping gula halus, coklat leleh, meises, keju atau aneka toping lainnya.
Tiramisu : 50 ml susu segar; 250 gram cokelat masak putih cincang; 2 butir kuning telur; ½ sdt pasta tiramisu; 20 gram coklat bubuk untuk taburan.
Panaskan susu segar dalam panci lalu masukkan cokelat masak cincang, aduk hingga leleh dan tercampur rata. Masukkan kuning telur aduk hingga rata, tambahkan pasta tiramisu.Topping di atas donat, taburi cokelat bubuk.

BAB IV
STRUKTUR ORGANISASI


Job description:
  1. Marketing
    • Bertanggung jawab teerhadap kegiatan operational usaha termasuk terhadap pengelolaan, pengembangan, dan pengendalian operasi usaha.
    • Mengawasi dan mengevaluasi kinerja setiap tenaga kerja.
    • Memberikan perintah terhadap tenaga kerja berhubungan dangan tanggung jawabnya.
    • Menjalin hubungan baik terhadap pihak luar.
    • Memsatikan bahwa seluruh tenaga kerja mematuhi segala peraturan kerja.
  2. Keuangan
    • Melayani konsumen dalam hal pembayaran atas produk yang telah dikomsumsi.
    • Bertanggung jawab terhadap segala hal yang berhubungan dengan pencatatan, pemasukan, dan       penggunaan keuangan perusahaan.
    • Membuat laporan keuangan/ neraca dan laba rugi
    • Melaporkan keadaan keuangan perusahaan kepada manajer setiap bulannya.
  3. Produksi
    • Mengajukan kebutuhan bahan yang berhubungan dengan proses produksi.
    • Menyediakan kebutuhan konsumen atas menu yang tgelah dipesan.
    • Melaporkan penggunaan bahan kepada manajer perusahaan.
    • Memeriksa kebutuhan bahan baku.
    • Melayani setiap konsumen yang dating seperti menanyakan menu yang akan dipesan dan mengantar pesanan ke konsumen.
    • Menyampaikan pesanan dari bagian konsumen ke bagian dapur.
    • Menjaga kebersihan dan kerapihan meja yang telah digunakan oleh konsumen.
  4. Narketing / Pemasaran
    • Mempromosikan produk ke konsumen.
    • Merumuskan segmentasi, targeting, positioning produk sesuai dengan strategi yang ditetapkan.
    • Menganalisi kebutuhan pasar.
    • Menjalin hubungan baik dengan konsumen.
    • Membuat laporan pertanggung jawab
                                                                          BAB VI

KEUANGAN
Pendapatan kotor yang diperoleh dari harga jual sebesar Rp.3.000/pcs x 30.000 pcs donat = Rp.90.000.000.

Modal Awal untuk 4 outlet  :
  • Mesin pembuat donat (4 x Rp.1.400.000)                         Rp.  5.600.000
  • Etalase (4 x Rp. 250.000)                                                 Rp.  1.000.000
  • Kompor gas & tabung (4 x Rp.600.000)                           Rp.  2.400.000
  • Spanduk & selebaran (4 x Rp.250.000)                            Rp.  1.000.000
  • Piring, Nenampan , Wajan (4 x Rp.800.000)                     Rp.  3.200.000
  • Plastik/Kardus (pembungkus donat), Tisyu                         Rp.  1.000.000
  • Sewa kantin (4 x Rp.500.000)                                           Rp.  2.000.000
  • Biaya Listrik&Air (4 x Rp.1.000.000)                                Rp.  4.000.000
  • Bahan                                                                                Rp. 50.625.000
  • Gaji                                                                                   Rp. 12.900.000

          TOTAL MODAL AWAL                                               Rp.  83.725.000

Pendapatan bulan pertama :
  • Modal (Owner)                                                                      Rp.85.000.000
  • Modal awal usaha                                                                   Rp.83.725.000 -
  • Jumlah                                                                                    Rp.   1.275.000
  • Pendapatan penjualan bulan pertama                                        Rp.90.000.000 +
         Jumlah                                                                                    Rp.91.275.000
        Modal (Owner)                                                                       Rp.85.000.000 –
         LABA                                                                                     Rp.  6.275.000

Modal sudah balik di bulan pertama dan mendapatkan laba Rp.6.275.000.

Laba tersebut dengan kesepakatan bersama di masukan ke tamabahan modal (Kas) agar perusahan terus berkembang.

Biaya pengeluaran perbulan (bulan ke 2 ):
  • Isi ulang gas 12 kilo/bulan Rp.75.000 x 4                                    Rp       300.000
  • Plastik/Kardus (pembungkus donat), Tisyu Rp. 250.000 x 4       Rp.    1.000.000
  • Sewa kantin,Listrik&Air Rp.1.500.000 x 4                                 Rp.    6.000.000
  • Bahan                                                                                         Rp.  50.625.000
  • Gaji                                                                                            Rp.   12.900.000 +
          Total Pengeluaran Per Bulan                                                   Rp.  70.825.000
Pendapatan bulan ke 2 :
  • Pendapatan kotor                                                                   Rp. 90.000.000
  • Biaya pengeluaran tiap bulan                                                   Rp. 70.825.000 -
          Laba                                                                                      Rp. 19.175. 000

Dengan kesepakatan bersama agar perusahan yang kami dirikan terus berkembang, maka laba yang kami peroleh setiap bulannya di masukan ke dalam tambahan modal (kas) selama tahun pertama usaha kami.
Ditahun kedua dengan kesepakatan yang kami buat, laba akan di bagi rata keseluruh owner.                                                                 


DAFTAR PUSTAKA